Saturday, April 28, 2007

Total Quality Management

Total Quality Management
By: Mahar Prastowo-
Media & MarComm Dept
PT DeJAS WINUTAMA (Advertising, Media, Marketing & Communication)
Contact : 0815 8579 2280, maharesi@gmail.com

Ringkasan
Total Quality Management (TQM) atau Manajemen Mutu Menyeluruh (M3) adalah topik hangat dibicarakan belakangan ini, baik di bidang swasta maupun di instansi pemerintah. Hal ini dikarenakan ada tekanan untuk meningkatkan mutu pelayanan. Tujuan utama Total Quality Management adalah perbaikan mutu pelayanan secara terus menerus. Dengan demikian juga Quality Management sendiri yang harus dilaksanakan secara terus-menerus.
Penerapan Total Quality Management dipermudah oleh beberapa piranti, yang sering disebut "Alat TQM". Alat-alat ini membantu kita menganalisa dan mengerti masalah-masalah serta membantu membuat perencanaan.

Delapan alat TQM antara lain:

Curah Pendapat (Sumbang Saran)
Curah Pendapat adalah alat perencanaan yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas kelompok. Curah Pendapat dipakai antara lain, untuk menentukan sebab-sebab yang mungkin dari suatu masalah atau merencanakan langkah-langkah suatu proyek.

Diagram Alur (Bagan Arus Proses)
Bagan Arus Proses adalah satu alat perencanaan dan analisis yang digunakan antara lain untuk menyusun gambar proses tahap-demi-tahap untuk tujuan analisis, diskusi, atau komunikasi; dan menemukan wilayah-wilayah perbaikan dalam proses.

Analisa SWOT
Analisa SWOT adalah suatu alat analisis yang digunakan untuk, menganalisa masalah-masalah dengan kerangka Strengths (kekuatan), Weaknesses (kelemahan), Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

Ranking Preferensi
Alat ini merupakan suatu alat interpretasi yang dapat digunakan untuk memilih gagasan dan pemecahan masalah di antara beberapa alternatif.

Analisa Tulang Ikan
Analisa tulang ikan (juga dikenal sebagai diagram sebab-akibat) merupakan alat analisis antara lain untuk mengkategorikan berbagai sebab potensial dari suatu masalah; dan menganalisis apa yang sesungguhnya terjadi dalam suatu proses.

Penilaian Kritis
Penilaian Kritis adalah alat bantu analisa yang dapat digunakan untuk memeriksa setiap proses manufaktur, perakitan, atau jasa. Alat ini membantu kita untuk memikirkan apakah proses itu memang dibutuhkan, tepat dan apakah ada alternatif yang lebih baik.

Benchmarking
Benchmarking adalah proses pengumpulan dan analisa data dari organisasi kita dan dibandingkan dengan keadaan di dalam organisasi lain. Hasil dari proses ini akan menjadi patokan untuk memperbaiki organisasi kita secara terus menerus. Tujuan dari benchmarking adalah bagaimana organisasi kita bisa dikembangkan sehingga menjadi yang terbaik.

Diagram Analisa Medan Daya (Bidang Kekuatan)
Diagram Medan Daya merupakan suatu alat analisis yang dapat digunakan, antara lain untuk mengidentifikasi berbagai kendala dalam mencapai suatu sasaran dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mungkin serta pemecahannya dari suatu masalah atau peluang.

No comments: